Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Curi 30 Mobil Bermodalkan Laptop

Kompas.com - 06/08/2016, 06:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Houston, KompasOtomotif – Petugas kepolisian wilayah Houston, Texas berhasil menangkap dua orang yang diduga sebagai peretas (hacker). Kedua orang tesebut dituduh telah melakukan tindak pencurian kendaraan selama periode enam bulan, menggunakan komputer.

Mengutip Jalopnik, Jumat (5/8/2016), setelah cukup lama menjadi incaran, petugas kepolisian akhirnya  menangkap basah mereka, saat sedang melakukan aksinya, meretas dan mencuri. Setidaknya ada 30 puluh mobil Jeep dan Dodge yang berhasil mereka curi.

Tahun lalu, duo komputer addict ini mempertunjukkan dunia, kalau mereka bisa melumpuhkan Jeep Cherokee yang sudah berteknologi immobilizer, bermodalkan laptop. Atas tindakan kedua orang ini, membuat Fiat Chrysler Automobiles (FCA) me-recall 1,4 juta mobilnya. Ini jelas kalau Jelas mobil-mobil ini memiliki beberapa masalah pada cybersecurity.

Salah satu aksi dari kedua orang ini sempat terekam oleh kamera CCTV (Close Circuit Television). Lalu Polisi menggunakan video ini untuk melacak para tersangka, Michael Arcee dan Jesse Zelay.

Penyidik kepolisian mengatakan, pencurian yang dilakukan kebanyakan pada mobil yang tidak terkunci. Kemudian laptop mulai dihubungkan ke bagian elektonik mobil, dengan menggunakan software bajakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com