Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Bidik Empat Negara Ekspor Sienta

Kompas.com - 22/07/2016, 07:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Penunjukkan Indonesia sebagai basis produksi Sienta merupakan prestasi. Bagaimana tidak, multi purpose vehicle (SUV) pintu geser ini bukan hanya dipasarkan untuk pasar domestik, tetapi sudah mulai diekspor ke beberapa negara lain.

“Tujuan ekspor kami ke Malaysia, Singapura, Brunei, dan  Thailand. Jumlah total volume ekspornya keempat negara tersebut mencapai 1.000 unit dan dikirimkan pada bulan ini,” tutur Henry Munzir, Engineering Division Head PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat dijumpai dalam acara test drive Sienta di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/7/2016).

Baca juga : Toyota Indonesia Mulai Ekspor Sienta Tahun ini

Munzir melanjutkan, masing-masing wilayah berbeda-beda wolume pemesananya, tetapi untuk saat ini masih Thailand dan Malaysia yang terbesar. “Jumlah ekspor ke Malaysia ternyata lebih tinggi dari yang dibayangkan oleh  Toyota Indonesia,” ucap Munzir.

Munzir menambahkan, varian yang di ekspor hanya dua tipe tertinggi saja, V dan Q, serta hampir seluruhnya bertransmisi otomatis. Sementara untuk transmisi manual hanya sedikit dan dikirim ke Brunei saja.

“Secara keseluruhan spesifikasinya masih sama, kecuali terkait dengan regulasi, di mana Sienta ekspor sudah berstandar emisi Euro IV. Sementara untuk Sienta dalam negeri masih Euro II,” ucap Munzir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com