Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester Pertama, Honda Kuasai Seperlima Pasar

Kompas.com - 20/07/2016, 12:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Perjalanan mobil Honda di Indonesia masih mulus. Setidaknya, itu bisa dilihat setelah semester kedua 2016 berakhir. Selama enam bulan pertama, PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mengirim 109.662 unit mobil, atau menguasai pangsa pasar 20,6 persen dari pasar mobil nasional yang mencapai 531.929 unit.

Raihan market share itu berarti melonjak drastis dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni 15 persen penguasaan pasar. Hasil baik itu didukung penjualan Juni 2016 yang naik 11,7 persen dibanding Mei, yakni 19.472 unit dari 17.427 unit.

Selain berhasil meningkatkan pangsa pasarnya secara total, Honda juga berhasil meraih posisi market leader melalui beberapa produknya di berbagai segmen, mulai BR-V yang berada di segmen low SUV, Brio pada segmen city car, Jazz di kelas hatchback, dan CR-Z pada segmen sport.

Honda BR-V masih menjadi kontributor terbesar dengan penjualan total Januari-Juni 2016 sebesar 29.347 unit. Market share model ini mencapai 42 persen di kategori LSUV. Sementara Brio terjual 3.605 unit selama Januari-Juni dengan market share 32 persen.

Dari segmen hatchback, Jazz menjadi market leader dengan total penjualan sepanjang pertengahan tahun 2016 sebesar 9.793 unit, dan market share sebesar 45 persen. Sementara itu, CR-Z menjadi market leader di segmen sport setelah membukukan penjualan total 82 unit dengan market share 50 persen selama Januari-Juni 2016.

Selain keempat produk yang menjadi market leader itu, Honda juga kuat di segmen lainnya, mulai LCGC Brio Satya dengan market share 13 persen, HR-V 1.5L pada segmen LSUV dengan market share 29 persen.

Sementara itu, HR-V 1.8L merebut market share 14 persen pada periode Januari-Juni 2016. Mobilio apa kabar? Masih cukup baik, membukukan penjualan total Januari-Juni sebanyak 23.705 unit dengan market share 17 persen.

Selebihnya, ada CR-V dengan penguasaan 11 persen, All New Civic Turbo di medium sedan dengan pangsa pasar 41 persen. Lalu ada juga Accord yang terjual 122 unit, City dengan total penjualan 551 unit dan market share 16 persen.

”Meski kondisi pasar cenderung stagnan hingga pertengahan tahun, Honda justru mencapai pertumbuhan penjualan dan meningkatkan pangsa pasarnya secara signifikan. Tren positif ini akan kami pertahankan dengan menawarkan produk-produk segar dan paket pembiayaan serta purna jual atraktif  untuk konsumen,” kata Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com