Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bergairah, Honda Suntik Mati CR-Z

Kompas.com - 03/07/2016, 16:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber motortrend

Tokyo, KompasOtomotif – Honda membuat pengumuman bakal menyuntik mati CR-Z, mobil sport hybrid setelah masa hidup model 2016 berakhir. Hal itu terkait dengan penjualan yang kurang bergairah, bahkan terus merosot dari tahun ke tahun.

Mobil ini dipasarkan sebagai suksesor mobil sport legendaris CRX pada 2010 silam dengan sejumlah iming-iming menarik. Namun, setelah dilepas ke psar, mobil ini tak pernah mencapai target, apalagi setelah ditawarkan dalam mesin hybrid.

Setelah beberapa tahun, Honda Performance Development (HPD) sampai harus menawarkan peranti supercharger untuk menaikkan tenaga CR-Z  yang lebih membanggakan, sampai 197 tk dengan torsi puncak 238 Nm. Tapi itu pun masih belum memuaskan.

Dibeberkan Motor Trend (1/7/2016), CR-Z hanya terjual 5.249 unit pada tahun pertamnya. Lalu naik dua kal lipay dengan 11.330 unit pada 2011. Ini adalah tahun terbaiknya. Dari sana, penjualan merosot ke 4.192 unit pada 2012, naik sedikit pada 2013 dengan 4.550 unit.

Setelahnya, kembali turun dengan penjualan 3.500 an unit pada 2014. Tahun lalu, total model ini hanya terjual 3.073 unit di seluruh dunia. Edisi spesial khusus Jepang, CR-Z Alpha Final tak juga mendongkrak minat orang untuk lebih antusias.

Alhasil, keputusan pun diambil dengan tak lagi melanjutkan cerita indah. CR-Z sebenarnya tampil tanpa kompetitor, menawarkan nuansa mobil sport tapi tetap mengedepankan efisiensi bahan bakar. Mungkin, mobil sport buat sebagian orang memang harus boros?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber motortrend
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com