Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Mobil Murah” Jadi Momok Penjualan Kia

Kompas.com - 24/06/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Kia Mobil Indonesia (KMI) menjadi salah satu merek yang paling terpukul dari segi penjualan. Sepanjang 2015 hanya menjual 3.000 unit, padahal 2014 tembus lebih dari 8.000 unit. Kemudian dalam lima bulan pertama 2016 kondisi makin buruk, karena hanya menjual 602 unit.

Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran KMI mengatakan, penurunan penjualan sudah dirasakan Kia sejak pertengahan 2013 atau tepatnya ketika program low cost green car (LCGC) dimulai. Bertepatan dengan itu, kondisi perekonomian Indonesia juga mengalami penurunan, sehingga daya beli masyarakat ikut menurun.

“Otomatis jika kondisinya seperti itu, kemampuan masyarakat membeli mobil menjadi turun. Masyarakat mencari mobil yang harganya terjangkau, dan LCGC lah yang cocok sehingga pasarnya cepat tumbuh,” ujar Hartanto di acara buka puasa bersama di Jakarta, Kamis (23/6/2016) malam.

Mobil LCGC itu, kata Hartanto memiliki banderol paling murah, karena mendapatkan insentif dari pemerintah. Jenis mobilnya pun bisa dikatakan mirip dengan city car, sehingga merek yang bermain di segmen itu (citycar) pasti akan mengalami penurunan penjualan.

“Bedanya hanya dari segi harga saja, LCGC lebih murah karena tidak ada pajak tadi. Kami otomatis langsung terkena imbasnya, penjualan city car kami anjlok dan LCGC naik pasarnya. Bukan hanya LCGC, tetapi pergeseran itu terjadi di semua segmen, karena perlambatan ekonomi itu sendiri,” kata Hartanto.

Selain itu, faktor lain karena tahun lalu Kia Indonesia juga mengalami kendala di suplai mobil. Beberapa model terhambat, karena sedikit masalah dari Korea Selatan. Namun, ke depan, diharapkan bisa terus membaik.

“Tahun ini kita target tetap 3.000 unit, meski baru tercapai 600-an unit, tetapi sampai sekarang kami belum melakukan revisi target. Bukan tidak akan, tetapi kita masih berharap semester kedua pasar bisa lebih baik lagi,” ucap Hartanto.

Aditya Maulana - Otomania Kia All New Sportage yang akan diluncurkan di GIIAS 2016.

Langkah lain untuk mendongkrak penjualan, kata Hartanto lagi, perusahaan siap meluncurkan beberapa produk baru. Salah satunya All New Sportage yang diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2016.

“Setiap produk baru yang kita keluarkan, harapannya selalu bisa diterima masyarakat. Sportage terbaru juga seperti itu, lebih lengkapnya kita akan informasikan di GIIAS nanti,” ujar Hartanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com