Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Dynamic X Solid”, Bahasa Desain Terbaru Subaru

Kompas.com - 14/06/2016, 16:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Produsen mobil masa kini mulai menggunakan bahasa desain yang dijadikan sebagai ciri khas. Mazda dengan desain ”Kodo”, KIA pakai ciri khas ”Tiger Nose”, sampai Mitsubishi yang mulai main ”Dynamic Shield”, dan kini menyusul Subaru dengan ”Dynamic X Solid”-nya.

Penerapan bahasa desain baru untuk mobil-mobil Subaru itu bakal segera diperkenalkan untuk berbagai model yang akan meluncur mulai tahun ini. Inilah yang dipakai merek asal Jepang itu untuk mendongkrak penjualan global yang ditarget naik 25 persen.

Sebenarnya, Subaru sudah mendulang penjualan yang baik tahun lalu dengan total 958.000-an unit. Namun untuk menambah penjualan lebih banyak lagi, Subaru menganggap desain menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Dilansir Automotive News, Mamoru Ishii, Kepala Desai Global Subaru yang bergabung sejak 2013, menjelaskan, tentang apa itu Dynamic X Solid yang bakal muncul pertama kali pada versi produksi untuk model Impreza terbaru.

Bahasa desain yang menggunakan bilah-bilah metal itu diperkenalkan perdana pada konsep crossover VIZIV 2 di Geneva Motor Show tahun lalu.

Desain itu ditandai dengan kesan yang lebih kokoh, berotot, dengan sudut kemiringan yang lebih besar pada kaca. Detailnya, lampu depan disebut bergaya bracket-shaped yang menandai keperkasaan Subaru dengan mesin boxer-nya.

Ishii mengatakan, konsep desain itu bisa dipakai pada mobil-mobil sporty atau model yang lebih besar. Butuh waktu sekitar lima tahun untuk mendapatkan bahasa desain itu. Jika sudah mantap, Subaru akan beranjak ke perwajahan interior.

Dia juga mengatakan bahwa departemen desain yang dipimpinnya mungkin menjadi yang terkecil (di antara merek lain di dunia), namun hal itu bukan masalah. Desain dikatakan menjadi sangat penting untuk perusahaan kecil menjadi tampak bersinar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com