Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Ultah Ke-40 Tahun Ford Fiesta!

Kompas.com - 10/06/2016, 08:23 WIB

Dearborn, KompasOtomotif – Memang Ford Motor Company (FMC) sudah memutuskan untuk menutup segala aktivitas bisnisnya di Indonesia, sejak tahun lalu. Sampai saat ini, belum ada keputusan lanjutan menyangkut perusahaan mana yang bakal bertanggung jawab mengelola ribuan konsumen Ford yang ada di Indonesia.

Bicara Ford di Indonesia, tidak bisa lepas dari model penumpang terlarisnya, Fiesta. Hatchback andalan Ford ini pertama kali diluncurkan ke Indonesia sejak 2010. Sampai kini sudah ada dua generasi yang dipasarkan, sampai yang terakhir menggendong mesin teknologi terbaru, Ecoboost 1.0 Liter. Populasinya di Indonesia, mencapai ribuan unit.

Tapi, sesungguhnya, generasi pertama Fiesta sudah lahir sejak 1976 di Eropa. Dulu mobil kompak ini bisa dibilang sangat harafiah atau lebih tepatnya, mungil. Panjang bodinya Cuma 3,5 meter, tak jauh beda dengan Smart ForFour yang ada di pasar saat ini.

Empat dekade kemudian, saat ini generasi keenam Fiesta sudah dipasarkan, termasuk ke Indonesia. Ford memproduksi Fiesta di beberapa kawasan, mulai dari Eropa untuk dikirim ke China, Brasil ke Rusia, atau Thailand ke ASEAN.

Fiesta generasi keenam ini usianya saat ini sudah delapan tahun dipasarkan, artinya Ford disebut-sebut sudah menyiapkan generasi terbarunya. Meski kemungkinan besar Fiesta generasi terbaru nanti tidak bakal dipasarkan ke Indonesia lewat jalur agen tunggal pemegang merek (ATPM), opsi importir umum (IU) bisa jadi alternatif.

Daripada menunggu tidak pastinya Fiesta baru akan dipasarkan ke Indonesia atau tidak, tak ada salahnya tahun ini para pemilik ikut merayakan usia ke-40 mobil ini di dunia. Ford Fiesta, selamat ulang tahun!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com