Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Fastron Gold di Mata Komunitas Mobil Sport

Kompas.com - 22/04/2016, 07:12 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Cirebon, KompasOtomotif – Pada Agustus 2015, PT Pertamina Lubricants meluncurkan tiga varian baru pelumas Fastron, yakni Gold 5W-40, Gold 0W-20, dan 10W-30. Oli tersebut diklaim sangat cocok untuk kendaraan modern dan completely built-up (CBU) yang berteknologi mutakhir.

Salah satu pengguna setia oli Fastron tersebut, yakni komunitas Speedgonz – Sports Cars Club Jakarta (SG Club). Jenis yang digunakan adalah Gold 10W-30, karena dinilai sangat cocok dan punya spesifikasi yang mumpuni dengan mobil sport.

“Menurut saya kualitas oli Pertamina tidak kalah dengan pelumas lainnya. Untuk mobil sport seperti Porsche dan lain sebagainnya sangat cocok,” kata Haryono Silalahi, Presiden Club Speedgonz, di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/4/2016).

Anjurannya, menurut Haryono, oli tersebut harus diganti setiap 5.000 km, tetapi mobil sport apalagi di Jakarta pada umumnya tidak sering digunakan sehingga untuk mencapai angka tersebut cukup lama. “Setelah kita cek dalam waktu beberapa bulan, kualitasnya masih tetap bagus, tetapi jika sudah lebih dari dua bulan kita tetap ganti agat mesin terawat dengan baik,” kata Haryono.

Fastron Platinum

Pada bulan yang sama, Pertamina Lubricants juga meluncurkan pelumas unutk mobil super dan berteknologi tinggi, yakni Platinum SAE 0W-40 dan Platinum Racing 10W-60. Namun, oli tersebut punya segmentasi yang terbatas atau hanya bisa digunakan di mobil super.

“Kami terus terang sedang menunggu yang Platinum yang sekarang masih dalam tahap uji. Semoga bisa diluncurkan dalam waktu dekat ini,” kata Haryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com