Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Dexlite Meluncur, Rp 6.750 per Liter

Kompas.com - 13/04/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Pertamina (persero) meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) baru, yakni Dexlite untuk kendaraan bermesin diesel di Indonesia, Selasa (12/4/2016). Harga perdana yang ditetapkan Rp 6.750 per liter dan siap dipasarkan di SPBU Pertamina mulai 15 April 2016.

Banderol tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan Pertamina Dex yang dijual Rp 8.600 dan sedikit mahal ketimbang solar biasa Rp 5.150. Sehingga, dari segi penempatan, Pertamina Dex paling tinggi, Dexlite ada di tengah dan solar subsidi paling rendah.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, mengatakan, untuk tahap awal, akan dilakukan market test di 33 SPBU wilayah Jabodetabek. Rencananya dimulai 15 April 2016, dilanjut ke tahap I pada Mei di Jawa, tahap II Juni di Sumatera Utara dan Kalimantan, dan ketiga Agustus di Sumatera Selatan dan Sulawesi.

“Apabila animo konsumen cukup besar, akan dilakukan roll out Dexlite di seluruh SPBU di Indonesia,” ujar Wianda dalam keterangan resmi yang diterima KompasOtomotif, Selasa malam (12/4/2016).

Target pemasaran, lanjut Wianda, sekitar 100.000 kiloliter (KL) dan disasar untuk konsumen yang selama ini masih menggunakan solar 48. Kendaraan diesel dengan teknologi common rail sangat cocok.

Spesifikasi

BBM varian baru Pertamina ini memiliki Cetane Number minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 part per million (PPM). Angka ini memang lebih rendah dibanding Pertamina Dex dengan cetane number minim 53 dan kandungan sulfurnya di bawah 300 part per million (PPM), namun lebih baik dari solar 48.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com