Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Desain Sepeda Motor Terbaik Milik Yamaha R1

Kompas.com - 01/04/2016, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Essen, KompasOtomotif – Generasi terbaru superbike Yamaha, YZF-R1 2015, menerima penghargaan dari ajang bergensi Red Dot Design Award 2016. Produk Yamaha tersebut menjadi menjadi pemenang dalam kategori “The Famous Red Dot Award for Product Design”.

Penghargaan ini berturut-turut diterima oleh Yamaha R1 2015, setelah sebelunya menyabet gelar pada Good Design Award 2015 dan iF Design Award 2016. Dengan demikian, ini menadakan kalau R1 memberikan momen terpenting pada keluarga Iwata (kantor pusat Yamaha Motor di Jepang) ini.

Namun, seperti dilansir Autoevolution.com, Kamis (31/3/2016), yang paling diharapkan untuk menerima penghargaan ini yaitu versi edisi spesialnya, R1M. Di mana bukan hanya desain modelnya yang bagus, tetapi juga teknologi mesin yang luar biasa.

Namun tetap saja, melihat penghargaan yang diterima R1, cukup membuatnya mendapat pengakuan, akan kecakapan Yamaha dalam memproduksi sepeda motor. Red Dot Design Award sendiri, merupakan penghargaan bergengsi tingkat dunia terkait dengan desain, yang diadakan oleh Design Zentrum Jerman.

Yamaha YZF-R1 ini mengadopsi mesin 998cc dengan tanaga puncak 200 PS atau 198 tk. Di Indonesia, produk ini diperkenalkan pada akhir Agustus 2015, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Harga produk ini dibanderol Rp 495 juta untuk R1, sementara edisi spesialnya R1M Rp 645 juta. Produk ini hanya diproduksi 500 unit yang disebar ke seluruh dunia, dan Yamaha Indonesia kebagian jatah 5 unit R1 dan 5 unit R1M. Saat ini, unitnya sudah habis dijual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com