Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Produsen Mobil Nasional Bertahan Hidup

Kompas.com - 30/03/2016, 11:39 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Semangat prinsipal otomotif lokal untuk bisa punya pasar di negerinya sendiri patut diacungi jempol. Meski ada beberapa yang akhirnya memaksa diri untuk mati suri.

Dari beberapa prinsipal yang ada di dalam payung Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asianusa), PT FIN Komodo Teknologi (FKT) jadi salah satu merek yang masih eksis hingga saat ini. Produsen asal Cimahi Bandung itu, kembali tampil di pameran INAPA 2016.

“Sampai saat ini, kami masih melakukan branding (pengenalan merek) kepada masyarakat. Ini nantinya yang akan jadi dasar kami untuk melebarkan pasar produk Komodo,” ujar Dewa Yuniardi, Marketing FKT, Selasa (29/3/2016).

Kemudian lanjut Dewa, agar bisa bertahan, cara lain yang dilakukan yaitu dengan tidak membuang-buang dana investasi. Salah satu cara, dengan memperhitungkan baik-baik jumlah produksi Komodo setiap bulan atau tahunnya. Agar biaya produksi tidak membengkak, dan sebanding dengan permintaan.

“Kami terus melakukan penilaian pasar, untuk mengetahui berapa kebutuhan produksi. Sehingga dana tidak terbuang. Sampai saat ini, untuk angka penjualan masih di 120 unit sampai 150 unit per tahun,  atau sekitar 10 unit per bulan,” ujar Dewa.

Komodo sendiri menggendong mesin empat-tak 250 cc, bertransmisi CVT dengan penggerak roda belakang. Mesinnya memiliki kemampuan 14 tk dengan torsi 17 Nm. Saat ini dipasarkan dengan banderol harga Rp 88 juta.

Kompas Video Menjajal Mobil Nasional FIN Komodo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com