Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Transmisi Toyota Sienta untuk Indonesia

Kompas.com - 28/03/2016, 08:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain membekali dengan mesin 2NR yang sudah dirakit lokal, ternyata Toyota Indonesia juga menyiapkan transmisi baru buat Sienta untuk pasar dalam negeri, yakni manual.Di negara yang kini masih satu-satunya penjual Sienta, Jepang, Toyota cuma menawarkan satu pilihan transmisi, yaitu Super CVT-i sama seperti Corolla.

Dari keterangan sumber Toyota, Minggu (28/3/2016), Sienta di Tanah Air ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual dan Super CVT-i. Namun ada perubahan khusus, sebab dikatakan posisi tuas transmisi bukan di dasbor seperti Honda Freed melainkan di antara jok penumpang depan dan sopir selayaknya mobil-mobil Toyota lainnya.

“Tuas transmisinya dipindah, disesuaikan dengan Indonesia,” kata sumber tersebut.

coolaler.com Toyota Sienta tanpak samping, diperlihatkan berpenggerak roda depan.
Informasi ini menarik, namun sumber itu belum bisa memastikan apakah letak tuas transmisi itu hanya berlaku untuk manual atau hanya Super CVT-i. Andaipun cuma buat manual, berarti kondisi interior Sienta di Indonesia jauh berbeda dengan versi Jepang.

Bukan hanya tambah pedal kopling, perubahan karena lokasi tuas transmisi bisa jadi meliputi desain dasbor. Selain itu kemungkinan akan ada boks untuk ruang tuas transmisi berikut tempat penyimpanan di antara jok depan.

Toyota Tampang Toyota Sienta yang sudah meluncur di Jepang, digosipkan masuk Indonesia tahun depan.
Sienta akan mendebut di Indonesia International Motor Show 2016 yang rencananya akan digelar di JiExpo Kemayoran, Jakarta, pada 7 – 17 April. Pada momen itu konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan pemesanan, meski belum diresmikan harga jual Sienta di kisaran Rp 230 juta – Rp 280 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com