Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Masih Koordinasi Terkait Euro IV

Kompas.com - 12/03/2016, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
 Pertamina sebagai penyedia bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri, merasa perlu melakukan koordinasi dengan  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Ini terkait standar emisi Euro IV yang akan diberlakukan di Indonesia.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, komunikasi ini terkait dengan update perkembangan kilang minyak Pertamina kepada KLHK. Di mana kilang tersebut yang nantinya akan memproduksi BBM dengan kualitas di atas Euro II.

“Bagus sekali bila nanti kami bisa berdiskusi dan koordinasi dengan regulator (KLHK). Kami akan meng-update menyangkut pengembangan empat kilang Pertamina dan dua kilang baru, dengan kualitas BBM yang mengacu pada ketentuan di atas Euro II,” ujar Wianda kepada KompasOtomotif, Jumat (11/3/2016).

Wianda melanjutkan, pihaknya sebagai produsen BBM nasional, bersama dengan KLHK, punya posisi sama, untuk bisa memenuhi kebutuhan bahan bakar masyarakat dengan baik.

“Pasal belum ditandatangani dan kami akan berkomunikasi, sebagai produsen bahan bakar yang juga merupakan mitra KLHK. Di antara kita pasti ada pembicaraan untuk ditindak lanjuti, dengan konten pembahasan salah satunya update Pertamina. Pastinya kami akan koordinasikan bersama, terkait Euro IV ini,” ujar Wianda.

Seperti disebutkan sebelumnya, pengembangan kilang minyak Pertamina, untuk memproduksi bahan bakar Euro IV, baru akan rampung sekitar 3-3,5 tahun atau pada tahun 2019 sejak tahun ini. Sementara penandatangan Euro IV rencananya akan disetujui KLHK tahun ini, serta akan diimplementasikan pada 2018, dua tahun setelah aturan ditetapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com