Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Beberkan "Jeroan" Mesin Sienta

Kompas.com - 08/03/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Karawang, KompasOtomotif – Toyota Sienta bakal jadi pendatang baru di Indonesia, dan akan mengisi segmen multi purpose vehicle (MPV) menengah. Jika tidak ada perubahan rencana, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan memproduksi Sienta, akan meluncur April 2016.

Sienta untuk Indonesia, diprediksi akan dibekali mesin R-NR 1.5L yang mulai diproduksi di pabrik baru TMMIN, di Kawasan Industri Karawang , Jawa Barat.  Mesin ini punya kelebihan-kelebihan yang mulai dibeberkan, meskipun Sienta belum resmi diluncurkan.

Yui Hastoro, Director of Technical and Project Planning & Management TMMIN mengatakan, mesin R-NR dibuat dengan bahan baku aluminium, yang membuatnya lebih ringan 80-90 kg dari mesin sejenis. Kemudian mengadopsi terknologi low friction, sehingga irit bahan bakar.

“Mesin ini memiliki performa tenaga di angka 79,8 kw (106,9 tk/108,53PS) @6.000 rpm, dengan berpenggerak roda depan. Dan ini bisa dikatakan merupakan yang terbaik di kelasnya,” ujar Yui, Senin (7/3/2016).

Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN juga menambahkan, disamping bobotnya yang lebih ringan dan irit bahan bakar, R-NR mengadopsi dual VVT-i yang dirancang untuk menghasilkan emisi buang yang rendah.

“Kemudian, di dalam mesin ini juga kami memperkenalkan desain piston baru, yang memakai carbon ceramicTujuannya untuk mengurangi friksi di dalam mesin kendaraan,” ujar Edward.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com