Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Nilai Tambah dari Yamaha untuk Xabre

Kompas.com - 02/02/2016, 17:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Sebagai pendatang baru, Yamaha Xabre cukup punya bekal untuk bertarung di ketatnya segmen sepeda motor sport 150 cc. Selain menawarkan konsep yang radikal, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melengkapinya dengan berbagai nilai plus.

COO and Executive Vice President YIMM Dyonisius Beti sebelum ”melepas” media untuk mengeksplorasi Xabre di Carting International Circuit, Sentul, Bogor, (1/2/12016), mengatakan bahwa sepeda motor ini hanya untuk orang yang ingin dilihat dan show-off.

”Beberapa poin tidak akan ditemukan pada sepeda motor lainnya. Karakternya mirip supermoto, dan kami memilih sikuir karting Sentul ini karena karakternya cocok untuk Xabre,” ucap Dyon.

Apa saja poin keunggulannya, KompasOtomotif merangkumnya sebelum memutar hendel gas lebih dalam keliling sirkuit.

1. Suspensi depan upside down (USD) buatan Kayaba. Pertama kali diterapkan pada sepeda motor sport di kelasnya, diklaim bakal lebih kuat dan stabil di jalan rusak.
2. Speedometer full digital dengan nyala negatif. Cukup unik dan memberi sensasi berbeda.
3. Tombol starter ala big bike. Kalau digerakkan ke atas berfungsi sebagai engine cut-off. Saat dierakkan ke bawah, berfungsi sebagai pemicu starter elektrik.
4. Ban besar, mendukung kestabilan. Depan berukuran 110/7-, dan belakang 130/70.
5. Lengan ayun aluminium, mewah, kuat dan ringan. Ukurannya lebih panjang 5 mm dibandingkan Yamaha R15, untuk mendapatkan center balance dan manuver yang baik.

Kelima komponen itu akan mempengaruhi kenyamanan dan sensasi berkendara. KompasOtomotif sudah membuktikannya saat menjajal sepeda motor ini lebih lama di tempat yang sama, dan akan diulas dalam artikel lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com