Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Merek Baru dan Absen di GIIAS 2016

Kompas.com - 02/02/2016, 16:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Total 33 Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) telah resmi menyatakan keikutsertaannya pada Gaikindo Indonesia International Auto Show yang akan digelar 11 – 21 Agustus 2016. Dari daftar peserta yang dibeberkan Gaikindo, terlihat ada beberapa merek baru termasuk yang mengundurkan diri.

Tim Garansindo yang sebelumnya memutuskan tidak ikut pada GIIAS 2015 kini menerjunkan tiga merek, yaitu Dodge, Fiat, dan Jeep. Merek Korea Selatan, Kia, juga memutuskan untuk ikut pameran otomotif yang akan digelar di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), di kawasan BSD City, Tangerang ini.

Wulling, merek baru asal China yang berinvestasi mendirikan pabrik di dalam negeri untuk pertama kalinya bakal ikut pameran otomotif. Merek China lainnya Dongfeng Sokon Motor (DFSK) juga melakukan hal yang sama melalui segmen mobil komersial.

Peserta lainnya di segmen mobil penumpang adalah Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Peserta dari segmen komersial yaitu FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Truck.

Ketua Penyelenggara GIIAS 2016 Johnny Darmawan menjelaskan seluruh peserta ikut dalam gelombang pendaftaran pertama. Jadi masih ada kemungkinan beberapa merek akan menyusul menyatakan ikut serta.

Dua merek yang disebut masih menunggu keputusan yakni Dyna dan Iveco. Gaikindo mengatakan Ford Motor Indonesia sudah melayangkan surat resmi pengunduran diri dari GIIAS 2016.

Tahun lalu, GIIAS digelar bersamaan dengan waktu penyelenggaraan Indonesia International Motor Show. Hal ini sempat menimbulkan dilema di kalangan ATPM karena ikut dua pameran bersamaan berarti butuh dua kali biaya dan sumber daya manusia.

Tahun ini para ATPM lebih leluasa sebab IIMS digelar pada 7 – 17 April 2016 sedangkan GIIAS tepat pada saat hari Kemerdekaan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com