Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R1 di Indonesia Siap-siap Kena ”Recall”

Kompas.com - 19/01/2016, 15:06 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Belum lama ini, Yamaha mengumumkan recall untuk YZF-R1 dan YZF-R1M di seluruh dunia terkait masalah girboks. Hal itu juga berimbas pada konsumen model ini di Indonesia, yang juga dipastikan membawa pulang unit yang terdampak dan harus melakukanb perbaikan.

Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menegaskan bahwa pihaknya juga akan memanggil sejumlah konsumen yang terlanjur membeli R1 dan R1M untuk dilakukan perbaikan.

”Indonesia juga kena, tapi semua masih dalam proses, terutama persiapan. Kami menunggu suku cadang datang. Saat ini yang diutamakan konsumen di Amerika atau Eropa yang jumlah unitnya ribuan. Kalau di Indonesia, karena masih sedikit, jadi kami harus menunggu,” kata Masykur, (18/1/2016).

Soal waktu pemanggilan, lagi-lagi Masykur juga belum bisa memastikan. JIka sudah saatnya datang, suku cadang pengganti sudah dikirim dari Jepang, YIMM akan segera mengirimkan surat pemanggilan kepada pemilik Yamaha R1 dan R1M di Indonesia.

Recall pada YZF-R1 dan R1M pertama kali muncul di Amerika Serikat dan Kanada beberapa waktu lalu. Lalu, masalah ini mulai muncul di Eropa. Girboks yang bermasalah itu muncul setelah penggunaan di sirkuit dan kecepatan tinggi pada motor bermasalah.

Kerusakan yang terjadi terletak pada sproket gigi 3 dan 4. Sedangkan gigi 2 yang lebih dulu disebut mengalami gangguan, ternyata sama sekali tak bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com