Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut "MPV Sejuta Umat" Mitsubishi Agustus 2016

Kompas.com - 30/10/2015, 07:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Saat mempresentasikan strategi penetrasi wajah depan model baru Mitsubishi dengan Dynamic Shield, secara tidak langsung bos desain Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Tsunehiro Kunimoto juga membeberkan rencana kelahiran model low MPV yang dinanti Indonesia. Calon MPV dengan gelar “Sejuta Umat” itu jadi model produksi ketiga Mitsubishi yang memakai bahasa desain baru.

Penjelasan Kunimoto dibantu gambar yang menunjukan timeline strategi dari 2014 hingga 2019. Sayangnya, gambar itu tidak boleh ditampilkan di media massa atas permintaan MMC, tapi jangan khawatir sebab KompasOtomotif bisa merangkumnya.

Gambar memaparkan urutan tanggal lahir model konsep yang sudah mengenakan Dynamic Shield. Dimulai dari Outlander PHEV Concept-S yang meluncur di Paris Motor Show, Oktober 2014 (10/14), kemudian bahasa desain yang dirancang dari sejarah Mitsubishi itu diterapkan pada konsep XR-PHEV II yang mendebut di Geneva Motor Show, Maret 2015 (3/15).

Setelah itu, desain Dynamic Shield dikemas pada konsep crossover listrik eX yang baru saja mendebut di Tokyo Motor Show, Oktober 2015 (10/15). Model terakhir yang ditampilkan paling menarik, yaitu low MPV.

Kendati namanya belum diungkap dan foto model sengaja dibuat tidak jelas, dari gambar bisa dilihat MMC menyantumkan tanggal berikut lokasi yang merujuk pada momen peluncuran, yaitu “16/8 Jakarta”.

Bisa jadi ini merujuk pada kemunculan model prototipe pertama MPV kecil Mitsubishi. Bila diperhatikan, Mitsubishi selalu mengincar pameran besar buat lokasi debut model baru dengan Dynamic Shield. Kalau sudah sampai prototipe, biasanya tidak lama lagi akan diproduksi massal, tinggal menghitung hari saja, sampai selanjutnya diluncurkan.

Bulan kedelapan atau Agustus yang ditulis kemungkinan besar mengerucut pada pameran besar di Indonesia, Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Pada tahun ini pameran garapan asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia itu digelar pada Agustus dan jadwal tahun depan juga di bulan yang sama.

Indikasinya, prototipe MPV sejuta umat Mitsubishi bakal muncul di GIIAS 2016, disusul produksi massalnya di awal 2017, sesuai dengan time line yang sudah disampaikan Mitsubishi sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com