Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirip Ban Yokohama Bantu Mobil Semakin Irit

Kompas.com - 19/10/2015, 12:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Belum jamak jadi pikiran, desain ban memengaruhi hambatan udara kendaraan, tapi buat manufaktur ban Yokohama, hal itu bisa terjadi. Merek ban asal Jepang itu memperkenalkan teknologi baru rancangan ban dengan sirip di bagian dinding, fungsinya memecah aliran udara yang mengarah ke bodi samping dan bagian bawah kendaraan.

Desain eksterior mobil menentukan seberapa besar hambatan udara yang didapat saat dikendarai, semakin minim maka bisa menghemat bahan bakar. Biasanya, produsen merancang mobil dengan berbagai elemen peningkat aerodinamis biar hambatan udara semakin kecil, tapi jarang melibatkan ban.  

Dalam keterangan resminya, via Autoblog, pekan lalu, Yokohama mengatakan eksperimen menempatkan sirip di ban telah dikerjakan sejak 2012. Hasilnya, memuaskan jadi pengembangan terus dilakukan. Pada rancangan terkini dibantu kalangan universitas di Jepang yang menghasilkan bentuk sirip baru dengan kerja maksimal saat berputar.

Meski begitu, seberapa besar efek penggunaan inovasi ini untuk mengurangi hambatan kendaraan belum diterangkan. Yokohama juga tidak mengungkap akan memproduksinya. Prototipe ban dengan sirip akan diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com