Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Peredam Suara Mobil yang Praktis dan Murah

Kompas.com - 15/10/2015, 08:40 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagian orang merasa tingkat kesenyapan interior mobilnya masih kurang. Solusinya adalah menggunakan peredam tambahan. Tapi, terkadang kemampuan finansial dan ketersediaan waktu menjadi kendala, karena memasangkan peredam biasanya memakan proses yang cukup panjang.

Sebenarnya, ada cara lain tanpa harus datang ke bengkel spesialis peredam suara, sebab di toko aksesori sudah banyak yang menjual peredam praktis dan memiliki banderol murah. Salah satunya Automania di Ruko Mega Grosir Cempaka Mas, Blok D1, No.17, Jakarta Pusat.

Mela, sang pemilik toko menjelaskan, peredam yang dijualnya itu universal atau bisa digunakan oleh semua merek dan model mobil. Harganya pun relatif terjangkau, untuk satu setnya berisi 12 unit dan dibanderol Rp 550.000. Cara pemasangannya pun sangat mudah, yakni hanya ditempelkan di panel pintu (doortrim).

“Jadi isi 12 itu untuk empat pintu. Hanya tinggal ditempel-tempelkan saja. Setelah terpasang suara bising dari luar akan berkurang,” kata Mela saat ditemui KompasOtomotif beberapa hari lalu di Jakarta Pusat.

Mela mengklaim, setelah alat tersebut dipasang di keempat daun pintu, tingkat kebisingan di dalam mobil berkurang drastis. “Suara seperti Bajaj yang orange akan hilang, intinya tidak bising lagi dan lebih kedap,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com