Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Perawatan Murah CVT buat Vespa

Kompas.com - 18/09/2015, 11:24 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Bagi pemilik sepeda motor bergenre skuter otomatik alias skutik perawatan utama yang perlu mendapat perhatian lebih ada pada bagian Continuously variable transmission (CVT). Tak terkecuali bagi mereka yang mengendarai skutik lansiran merek Italia, Vespa atau Piaggio.

Sayangnya, masih banyak pemilik Vespa atau Piaggio yang menganggap biaya perawatan komponen ini relatif mahal kalau dilakukan di bengkel resmi. Belum lagi tumpukan antrean yang kadang cukup menyita banyak waktu.

Nah, bagi mereka yang merasa biaya perawatan CVT di beres mahal, bisa mencoba mencoba alternatif pilhannya pada bengkel Scooter Layur di Jakarta Timur. Dengan harga yang kompetitif, biaya perawatan bisa jadi lebih ekonomis.

"Kita tidak ingin melihat ini sebagai persaingan, kita lihat ini sebagai alternatif saja, mungkin jika pemilik merasa bengkel resmi terlalu mahal bisa ke kami. Namun, yang kita lakukan juga tidak sembarangan, sesuai dengan prosedur dan standar yang ada untuk Vespa," ujar Manto, pemilik bengkel Scooter Layur, Kamis (17/9/2015).
 
Manto mengatakan, untuk perawatan CVT dihargai Rp 80.000, bukan hanya dihilangkan debunya dengan disemprot kemudian selesai, tetapi sekaligus dicuci CVT-nya sehingga bersih maksimal. "Analoginya lantai, beda rasanya antara lantai yang hanya disapu saja dengan yang disapu kemudian di pel, akan lebih mantap rasanya," ujar Manto.
 
Lebih dari itu, bagian-bagian lain seperti kopling juga dibersihkan dengan brake cleaner, ada performanya kembali prima. Lama pengerjaannya sampai satu jam. "Memang lama tapi metode pengerjaannya dan hasilnya bisa maksimal, hanya dengan Rp 80.000," kata Manto.
 
Manto menambahkan, CVT Vespa dan Piaggio matik biasanya dibersihkan paling tidak satu bulan sekali, untuk penggunaan standar rutin harian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com