Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni "Tato Nyetrum" di Mazda2

Kompas.com - 18/09/2015, 11:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kontestan langganan acara modifikasi, Imam, yang identik dengan hatchback Mazda2 dituntut selalu punya ide baru di setiap penampilan. Pada kontes modifikasi yang digelar di Metropolis Town Square, Tangerang, akhir pekan lalu, ia tampil beda dengan menambahkan elemen “tato” di sekujur bodi model keluaran 2010 itu.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda2 2010 milik Imam tampil di salah satu kontes modifikasi yang digelar di Tangerang.
“Sekarang mobil paling ekstrem ya begini. Dari seluruh modifikasi bagian yang paling saya suka sekarang airbrush-nya. Ini yang ngerjain Tomi Airbrush,” ucap Imam kepada KompasOtomotif.

Airbrush adalah teknis pewarnaan dengan menyemprotkan cat menggunakan bantuan tekanan udara. Aplikasi itu menjalar ke sebagian besar eksterior bodi, mulai dari depan, samping, sampai belakang. Menariknya, Tomi Airbrush, “menato” bagian panel bodi serta karbon.

Febri Ardani/KompasOtomotif Seni airbrush di bodi sangat nyata seperti bisa "nyetrum" kalau dipegang.
Seperti bisa dilihat dari foto-foto, bodi Mazda 2 dihiasi campuran motif tribal, aliran listrik atau petir, dan punya efek api. Kombinasi warnanya mencolok mata sekaligus menarik perhatian, suguhannya sangat nyata seperti bisa kesetrum kalau dipegang.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ditambahkan "sunroof" dan sayap besar di belakang.
“Sejak sering turun kontes memang dituntut gonta-ganti konsep. Awalnya ini mobil street racing, tapi setelah 2012 jadi begini. Saya maunya tetap senyaman mungkin masih bisa dipakai harian tapi kontes juga,” kata Imam.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kabin digarap seperti mobil balap.
Selama tiga tahun silih berganti kostum, Mazda 2 telah “full modifikasi”. Dari depan menunjukan kesan performa dengan tampilan intercooler di sela bemper, mesin sudah dicangkokan turbo dan ECU (Electronic Control Unit) punya “konde” piggyback. Imam juga menambahkan sistem suplai N2O (Nitrous Oxide) yang bisa dikeluarkan lewat lubang di dekat kap mesin buat show off.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagasi kini jadi sarang speaker sebagai pusat suara sistem audio.
Semua sektor dijamah, di kabin ada aura balap lewat penambahan roll bar, material serat karbon, indikator kerja mesin tambahan, dan jok serta sabuk pengaman tipe balap. Ruang bagasi tak lagi berguna untuk angkut barang, kini telah diubah jadi sarang speaker dan multimedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com