Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Semangat Jamah Segmen "Borongan"

Kompas.com - 18/08/2015, 12:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sedang berusaha memasuki lebih dalam ke segmen yang diakui belum terlalu terjamah, yaitu fleet atau pembeli borongan. Segmen ini dianggap berpeluang sebab kontribusinya bisa mendongkrak total penjualan.

Fleet adalah area yang selama ini Nissan belum menggali secara maksimal. Kita sedang ada gerakan supaya bisa masuk lebih jauh,” kata General Manager Marketing Strategy and Product Planning NMI Budi Nur Mukmin, pekan lalu.

Budi lanjut mejelaskan, pasar fleet baru mewakili 10 persen dari seluruh penjualan NMI. Hampir semua model Nissan ditawarkan sebagai mobil kerja, namun diakui juga mendapatkan kontrak pembelian tidak mudah.

Fleet itu kan butuh proses panjang, tapi sekali dapat jumlah kontraknya besar,” ujar Budi.

Salah satu pengembangan telah terwujud pada Januari tahun lalu, NMI menyodorkan sedan Almera sebagai taksi Blue Bird. Uniknya, NMI mendapatkan kontrak itu buat model yang tidak dijual retail di Indonesia.

Berlanjut ke tahun ini, NMI “membelah” spesifikasi pada pikap Navara untuk konsumen private dan fleet ke sektor perusahaan pertambangan. Selain itu, generasi ketiga X-Trail telah digunakan salah satu instansi pemerintah dan tidak lama lagi X-Trail Hybrid juga akan ditawarkan ke instansi pemerintah sekaligus perusahaan swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com