Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penantang Avanza-Xenia dari China

Kompas.com - 24/07/2015, 07:41 WIB
Jakarta, KompasOtomotif — Segmen mobil multiguna bawah (low MPV) akan semakin riuh dengan kehadiran pemain baru yang berasal dari China. Pemain baru itu adalah PT Sokonindo Automobile (SA) yang menanamkan investasinya di Indonesia untuk memproduksi MPV bawah.

Prinsipal otomotif asal China ini akan merakit mobil di Cikande, Banten, akhir tahun ini. Sokonindo memberikan undangan langsung kepada Menteri Perindustrian Saleh Husin untuk menyaksikan produksi perdana di pabriknya nanti.

"Tadi petinggi-petinggi Sokon Automobile datang untuk mengundang datang, untuk bisa menyaksikan produksi perdananya, November nanti di pabrik yang berlokasi di Cikande, Banten," ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kamis (23/7/2015).

Saleh menjelaskan, pabrik SA berada di Modern Cikande Industrial Estate, Desa Barengkok, Serang, Banten. SA telah membenamkan investasi segar Rp 150 juta dollar AS atau setara dengan Rp 2,01 triliun. Kapasitas produksi awal pabrik ini mencapai 50.000 unit per tahun. Selain untuk pasar domestik, MPV ini juga akan memenuhi kebutuhan ekspor.

"Ini murni investasi baru, tidak bekerja sama dengan ATPM-ATPM besar di Indonesia," ujar Saleh.

Harga bersaing

Sementara itu, Komisaris PT Sokonindo Automobile Alexander Barus mengatakan, produknya nanti akan memiliki harga bersaing dengan kompetitor yang menjaring konsumen menengah ke bawah. Hanya saja, terkait dengan harga belum bisa diberitahukan sekarang.

"Jenisnya yang akan diproduksi berjenis MPV dengan kubikasi mesin 1.300 cc bermesin diesel dan 1.500 cc untuk mesin berbahan bakar bensin. Sasaran produk ini kami tujukan untuk kelas masyarakat yang berada di kalangan menengah ke bawah. Mobil ini ukurannya akan lebih besar sedikit dari Xenia atau Avanza," ujar Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com