Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misi Suzuki Indonesia Selamatkan Splash dari Kepunahan

Kompas.com - 07/07/2015, 13:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sedang merencanakan sesuatu untuk menyelamatkan “Splash” dari kepunahan, setidaknya sampai tahun ini. Deputy 4W Managing Director SIS Davy J Tuilan, mengatakan, ada opsi memindahkan produksi Splash ke Indonesia dari negara pemasok, India, tapi alternatif solusi bukan hanya itu.

Maret lalu Davy mengatakan tengah meminta kepada prinsipal agar mendapat izin tetap mempertahankan penjualan Splash di Indonesia. Mobil kota itu terjual 3.338 unit pada 2014 di dalam negeri, potensinya jauh lebih tinggi ketimbang India jadi masih layak dipertahankan.

Makmur, 4W Marketing Director SIS Makmur, mengungkap dalam perencanaan produk perusahaan untuk 2015 tidak ada wacana menghentikan penjualan Splash. Informasi yang mengatakan produksi Splash dihentikan di India masih dianggap rumor sebab belum ada pernyataan resmi dari Suzuki Jepang.

“Kita akan cross check lebih lanjut,” katanya saat acara buka puasa bersama SIS di Jakarta, Senin (6/7/2015).

Selain bisa saja memboyong perlengkapan produksi Splash dari pabrik Maruti Suzuki di Manesar, India, ke Indonesia, Makmur juga menjelaskan pilihan lain yaitu menambah volume impor terakhir. “Strateginya kan ada banyak, mungkin dari produksi mereka yang terakhir kita akan simpan stok dulu, kita bisa order lebih banyak untuk memperpanjang penjualan di Indonesia,” ungkap Makmur.

Kondisi saat ini stok Splash di Indonesia mendekati nol, kata Makmur. Sementara itu dari kabar yang beredar di India, produksi Splash untuk domestik kini hanya menyuplai pesanan perusahaan taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com