Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Splash di Indonesia Nyaris Nol

Kompas.com - 07/07/2015, 08:06 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kalau saat ini Anda sedang berencana meminang Suzuki Splash, siap-siap menunggu lama. Pasalnya stok unit Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikatakan terbatas, kemungkinan besar dipengaruhi masalah suplai unit utuh (CBU) dari India.

“Sekarang stok nyaris zero, sebab itu kita masih inden sampai sekarang,” ujar 4W Marketing Director SIS, Makmur, di Jakarta, Senin (6/7/2015).

Dari pantauan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor, sepanjang 2014 Splash sanggup mencapai penjualan 3.338 unit atau 278 unit per bulan. Namun hasil itu sepertinya turun pada tahun ini, selama lima bulan pertama (Januari – Mei), hanya ada 882 unit atau 176 unit per bulan yang didistribusikan ke diler-diler resmi.

Meski tidak dijelaskan Makmur, ada kemungkinan penjualan Splash tersendat sebab terhambat suplai unit dari India. Pabrik Maruti Suzuki di Manesar, India, telah diberitakan tengah membatasi produksi unit hanya untuk permintaan fleet domestik.

Menurut kabar, produksi Splash akan dihentikan pelan-pelan. Asumsi yang beredar Splash diganti Celerio yang segera meluncur di India, meski begitu kasusnya sedikit beda di Indonesia sebab sekarang Celerio dan Splash dipasarkan bersamaan.

Simpang siur informasi tentang “suntik mati” splash masih terus merebak, menunggu kepastian resmi dari Suzuki. SIS masih berupaya Splash tetap bertahan, pasalnya potensi pasar lebih tinggi ketimbang India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com