Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Gothenburg, Swedia

Kisah Jakob, Mobil Pertama Volvo

Kompas.com - 27/06/2015, 08:01 WIB
Wisnubrata

Penulis

Gothenburg, KompasOtomotif – Volvo OV4 adalah mobil pertama yang dibuat Volvo. OV4 adalah singkatan dari “Oppen Vagn 4 cylindrar” atau kendaraan terbuka 4 silinder. Kehadiran mobil ini sekaligus menandai hari lahirnya perusahaan Volvo. Namun sebenarnya hari kelahiran ini sedikit bergeser dari rencana semula karena ditemui sedikit kesalahan pada mobil.

Adapun OV4 dirancang sejak Agustus 1926. Sekitar setahun kemudian, saat produk pertama akan dikemudikan keluar dari pabrik dan insinyur Eric Carlberg memasukkan gigi pertama, mobil ini bukannya maju tapi malah mundur.

Ternyata ada kesalahan pemasangan gigi, sehingga peluncuran ditunda sehari. OV4 kemudian diluncurkan pada 14 April 1927, yang kebetulan merupakan hari untuk nama Jakob menurut tradisi Swedia. Maka jadilah OV4 pertama itu dijuluki Jakob.

Kompas.com/Wisnubrata Mobil pertama Volvo yang dijuluki Jakob, dipasang di Volvo Museum, Gothenburg, Swedia.

Sayang, mobil yang mesinnya dirancang oleh Gustav Larson, salah satu pendiri Volvo ini kurang laku di Swedia karena kabinnya terbuka. Padahal Swedia adalah negara yang dingin, meskipun sedang berada di musim panas. Oleh karenanya Volvo membuat versi tertutupnya pada akhir 1928 dan disebut PV4.

OV4 dibuat sebanyak 996 unit antara tahun 1927 dan 1929. Dengan mesin 4 silinder 1940cc, OV4 mampu menghasilkan 28 tenaga kuda serta kecepatan maksimum 90 km/jam.

Kini Jakob, mobil pertama Volvo itu mendapat tempat istimewa di Volvo Museum di Gothenburg, Swedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com