Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge Medium Honda Penjegal Ninja 650 dan Yamaha R6

Kompas.com - 15/06/2015, 12:33 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Nusa Dua, KompasOtomotif – Deretan moge Honda yang juga layak diberi perhatian adalah ”duo 650”. Kehadirannya di pasar moge Indonesia cukup banyak lawan. Honda CBR650F dan CB650F siap bertarung dengan nama besar seperti Kawasaki Ninja 650, ER-6n, ZX-6R, atau si biru Yamaha R6.

Dalam peluncuran yang dilakukan di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/6/2015), disebut bahwa CBR650F (fairing) dan CB650F (naked) adalah generasi petarung jalanan di kelas ”Mid Multi”. Meski ber-cc besar, namun posturnya diklaim compact atau ringkas.

Keduanya mengusung mesin 649 cc DOHC 4-silinder segaris, generasi baru dengan beberapa perubahan. Salah satu pengembangannya yakni radiator dengan pemindahan letak thermostat dan mendesain ulang alur cairan pendingan, sehingga memperbaiki pendinginan dan desain.

Jantung pacu itu sanggup menyemburkan tenaga hingga 85,7 tk @11.000 rpm dan torsi 63 Nm @8.000 rpm. Mesin ini bisa dipacu hingga 210 kpj dengan konsumsi bahan bakar 21,7 kpl (metode WMTC).

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda CB650F menjadi alternatif di segmen naked bike.

Keunggulan

Rangka Twin-Spar dengan desain oval memberikan kesan ramping dan compact dilengkapi lengan ayun alumunium yang semakin menunjang penampilan dan performa. Untuk menambah daya cengkeram saat pengereman, disematkan rem belakang ABS dan cakram ganda rem depan ABS dua piston.

Pengendara dapat menyesuaikan suspensi sesuai keinginan dengan tujuh setelan suspensi. Sistem gas buang dilengkapi kenalpot ”short muffler” yang mengaplikasikan sistem pembuangan 4-1, menghasilkan suara berkelas dan performa optimal di putaran bawah serta menengah.

Buat yang suka penampilan sporty, CBR650F ABS full-fairing bisa menjadi pilihan. Desain aerodinamis dan compact, nyaman untuk berkendara di perkotaan. Setang yang Clip-on (jepit) untuk memudahkan pengendara bermanuver. Sementara CB650F ABS tampil dengan model naked didesain dengan setang datar untuk kenyamanan optimal saat berkendara di dalam maupun luar kota saat melakukan touring.

CBR650F hadir dalam dua pilihan warna, Graphite Black dan HRC Tricolor, dibanderol Rp 240 juta. Sementara CB650F ABS dijual dalam warna Mat Gunpowder Black Metallic dan Pearl Queen Bee Yellow, harga Rp 235 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com