Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok ”Jeroan” Moge Honda Berbanderol Setengah Miliar

Kompas.com - 15/06/2015, 11:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Nusa Dua, KompasOtomotif – Honda CBR1000RR SP menjadi model termewah yang dimiliki PT Astra Honda Motor. Dalam peluncuran enam moge yang dilakukan di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/6/2015), dijelaskan bahwa tema yang diusung untuk model ini cukup ”menakutkan”, yakni ”The Ultimate Handling Machine”.

Model ini mengalami evolusi dan pengembangan baik dari sisi mesin dan rangka, sejak pertama kali diluncurkan melalui tipe CBR900RR pada 1992. Perubahan signifikan terjadi pada generasi ketujuh pada 2004 dengan dilakukannya perombakan mesin dan rangka menjadi CBR1000RR yang berkonsep racing hingga sekarang.

Honda CBR1000RR generasi ke-12 yang dilepas pertama kali pada 2012 ini memiliki tenaga 178,3 tk @12.250 rpm dan torsi maksimum 114 Nm @10.500 rpm. Angka tersebut adalah hasil dari mesin ringan dan kompak berkapasitas 999,8 cc, 4 silinder segaris 16 katup berpendingin cairan.

Sistem suplai bahan bakar disebut PGM-DSFI (Programmed-Dual Sequential Fuel Injection), memiliki dua injektor di setiap saluran ruang bakar yang dikendalikan akurat oleh ECM, sehingga menghasilkan tenaga responsif dan sensasi menakjubkan. Tak hanya kencang, mesin ini juga mampu memenuhi emisi gas buang sesuai standar EPA dan hanya diterapkan di model supersport.

Ringan
CBR1000RR SP sangat banyak digunakan dalam ajang balap kelas dunia, karena sepeda motor ini mudah dikendarai. Rangka Diamond Aluminium Composite Twin Spar yang ringan dan ringkas, dikembangkan khusus untuk digunakan di trek dan sesuai untuk dikendarai di sirkuit.

Suspensi Ohlins tipe teleskopik inverted di depan dan TTX36 yang dipadu UNIT Pro-Link di belakang, membantu mengendalikan traksi saat melahap tikungan dalam kecepatan tinggi. Kemudahan pengendalian juga didukung aplikasi ban khusus Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium yang memiliki daya cengkeram tinggi.

Donny Apriliananda/Kompas.com Tersedia dalam dua pilihan warna hitam karbon dan Tricolor-Honda.
Teknologi
Teknologi Assist Slipper Clutch terinspirasi dari RC212V MotoGP memberikan kemudahan dan ketepatan dalam melakukan mekanisme perpindahan gigi saat melakukan pengereman mendadak sebelum memasuki tikungan.

Sepeda motor ini juga dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang merupakan teknologi cerdas generasi kedua peredam setang kemudi sistem elektronik, mampu memberikan stabilitas prima pada kecepatan tinggi dengan meminimalisasi perubahan sudut kemudi namun tetap mudah dikendalikan juga pada saat melaju dengan putaran mesin rendah.

Selain itu, sistem pengereman canggih kombinasi ABS yang dikendalikan secara elektronik (eC-ABS) yang dipadu dengan kelengkapan kaliper rem Brembo 4 piston yang merupakan spesifikasi khusus untuk balap, memberikan keseimbangan distribusi gaya pengereman.

Sepeda motor ini dipasarkan di Indonesia dengan varian warna HRC Tricolor, banderol Rp 575 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com