Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia MotoGP Makin "Pede" dengan Amunisi Baru

Kompas.com - 28/05/2015, 18:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Mugello, KompasOtomotif – Jelang seri balap MotoGP di Mugello, Italia, akhir pekan ini, Aprilia MotoGP mengonfirmasi penggunaan berbagai komponen baru untuk mencoba lebih kompetitif. Girboks seamless untuk menaikkan dan menurunkan gigi dikatakan sukses saat duji coba dalam tes resmi di Jerez, Spanyol, awal Mei 2015 ini.

Alvaro Bautista, salah satu penunggang Aprilia MotoGP, bahkan menyatakan rasa girboks tak jauh beda dengan setelan yang dimiliki motor-motor Honda pabrikan yang pernah ditungganginya.

”Balap di Mugello akan sangat penting, mengingat di sinilah girboks baru akan melakukan debut. Masukan positif dari Bautista mempercepat kami menemukan solusi kekurangannya,” sebut Manajer Aprilia Racing Romano Albesiano, dikuti Crash.net (26/5/2015).

Girboks seamless Aprilia adalah upgrade terbaru dari yang pernah digunakan RS-GP. Namun Aprilia sudah menyiapkan girboks paling baru untuk musim 2016.

Sasis

Namun Albesiano menyatakan bahwa di Mugello tak hanya soal girboks. Ada komponen lain yang akan diujicoba, termasuk perubahan aerodinamika begitu juga dengan sasis. ”Kami berharap peningkatan spesifikasi itu sukses untuk menghadapi seri setelagh Mugello,” imbuh Albesiano.

Melandri

Sementara rekan setim Bautista, yakni Marco Melandri yang juga akan menjajal transmisi baru yang lebih halus itu, merasa termotivasi. Pebalap Italia itu hingga saat ini belum meraih satu poin pun, dan berharap perubahan pada sepeda motor mempercepat adaptasi dari kebiasaannya di WSBK ke MotoGP.

”Harapannya, (girboks baru) ini akan menjadi titik awal buat kami untuk berkembang, bersamaan dengan pengembangan sasis yang akan membantu mendapatkan feeling lebih baik dari sepeda motor,” ucap Melandri.

Penggunaan girboks seamless Aprilia ini berarti meninggalkan Suzuki sebagai satu-satunya tim pabrikan yang belum memakai girboks serupa. Andai girboks terbaru Suzuki yang menggunakan teknologi seamless ini siap, kemungkinan bakal digunakan di seri Barcelona, beberapa pekan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com