Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW M Racik Model Performa Seri 7

Kompas.com - 30/04/2015, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif - Kabar tentang divisi performa BMW, M, sedang meracik model khusus berbasis Seri 7 kembali mencuat ke permukaan. Leftlanenews, Rabu (29/4/2015), melansir dari berbagai media Jerman menyimpulkan bahwa debut model yang kemungkinan disebut M7 itu akan diperkenalkan pertama kali pada 2016.

Sumber tenaga M7 berasal dari generasi terbaru mesin 760i yang juga digunakan Rolls-Royce, yakni V12 6.6L yang sanggup menyemburkan hingga lebih dari 600 tk. Transfer tenaga dibantu transmisi otomatis, namun hingga kini belum ada penjelasan tentang sistem gerak.

Di tangan M, sedan saloon itu mendapatkan banyak perlakuan layaknya model M lainnya. Dibeberkan juga, sistem knalpot menggunakan model sport seperti M5, tinggi supensi direndahkan, dan dibekali rem lebih besar.

Penampilannya jelas lebih agresif dari Seri 7. Lobang udara di bemper lebih besar, dan paket aerodinamis meliputi side skirt serta diffuser di belakang. Akan ada banyak bahan serat karbon untuk menjaga bobot tubuh tetap rasional.

Generasi terbaru seri 7 baru akan diperkenalkan ke publik pada Frankfurt Motor Show 2015, setahun setelah itu M7 kemungkinan akan lahir.

Sebelumnya BMW telah mengatakan tidak mau membangun M7 sebab basis model Seri 7 dinilai terlalu besar untuk beraksi di trek. Alasan lainnya, tuner Alpina sudah membuat versi performa Seri 7 yang disebut B7.

Kini sepertinya BMW menilai pasar “limousine” dengan kemampuan lebih mulai berkembang. Mercedes-Benz telah memulai proyek AMG buat S-Class, Audi telah melahirkan S8, dan Cadillac sedang mempertimbangkan melahirkan versi V untuk CT6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com