Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kompak Volvo Lahir di Belgia

Kompas.com - 27/04/2015, 14:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Volvo segera memproduksi lebih banyak mobil kompak di masa depan, memanfaatkan fasilitas perakitan Ghent, Belgia. Model baru ini merupakan hasil kerja sama dengan Zhejiang Geely Holding Group dengan memakai platform terbaru, Compact Modular Aarchitecture (CMA),

"Kami telah memutuskan akan menggunakan (pabrik) Ghent untuk Eropa," jelas Hakan Samuelsson, CEO Volvo Cars, dilansir Reuters (26/4/2015).

Model-model kompak ini juga akan diproduksi di China, meskipun belum diputuskan secara pasti. "Di China, kami harus memastikan lagi," tukas Samuelsson.

Saat ini, Volvo merakit S60, V40, dan XC60 di pabrik Ghent. Platform terbaru itu akan digunakan untuk menciptakan generasi terbaru V40, sebagai satu-satunya mobil paling kecil yang dimiliki merek asal Swedia itu.

Samuelsson mengatakan, penjualan mobil kompak Volvo terlalu kecil untuk bisa menguntungkan perusahaan. Sehingga membutuhkan mitra yang mau berbagi ongkos produksi, mengembangkan dan memproduksi menjadi kendaraan yang kompetitif.

Volvo punya tiga alternatif pilihan basis produksi di China dengan Geely. Dua pabrik yang sudah beroperasi di sebelah barat daya Chengdu dan tenggara Daqing. Sedangkan, satu lagi pabrik baru yang masih dibangun di Luqiau, sebelah timur Taizhau.

Dua sumber perusahaan yang dekat dengan Geely menambahkan, Volvo dan Geely sebenarnya sudah memutuskan akan merakit mobil baru di pabrik Luqiau. Geely sendiri berharap bisa merakit SUV kompak dengan platform CMA di pabrik sama, akhir 2016. Volvo juga tertarik menggunakan platform dan sistem penggerak sama dengan Geely, menciptakan SUV kompak, lanjut Samuelsson.

"SUV tumbuh pesat di dunia, jadi bisa mudah ditebak kalau sesuatu di segmen ini akan sangat berarti untuk dibidik," imbuh Samuelsson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com