Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Purnajual untuk Pelosok, Renault Andalkan Nissan

Kompas.com - 07/04/2015, 14:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif — Mulai dijualnya Renault Duster 4X4 di Indonesia dengan fokus menggaet konsumen fleet di luar Ibu Kota membuat PT Auto Euro Indonesia (AEI) harus menyiapkan layanan purnajual lebih serius. Selain melengkapi dealer 3S, merek ini akan memanfaatkan keuntungan aliansi dengan Nissan.

Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur PT Indomobil Sukses International sebagai induk dari AEI, dalam peluncuran dan test drive Renault Duster 4X4 di Jeep Station Indonesia, Megamendung, Bogor, Selasa (7/4/2015), mengatakan bahwa jika dibutuhkan, dealer Nissan bisa melanjutkan kegiatan aftersales service.

"Ini berlaku untuk daerah-daerah yang Renault tidak ada. Dealer Nissan tidak menjual Renault, tapi bisa diberi kewenangan menyervis dan melayani konsumen," jelas Jusak.

Soal tempat, lanjut Jusak, bisa di mana saja, tergantung populasi. Saat ini belum perlu semua dealer Nissan menangani Renault. Sistemnya akan sama seperti dealer Nissan yang menangani konsumen Datsun.

Duster 4X4 akan memulai langkah Renault serius merambah daerah lain di luar Jawa. Target konsumen utamanya adalah para pemilik perkebunan, perusahaan tambang, hingga layanan yang membutuhkan kontrol sampai daerah terpencil.

Kendati demikian, konsumen ritel di perkotaan juga masih dibidik, meski biasanya mereka lebih spesifik untuk dipakai melengkapi gaya hidup. Misalnya, memenuhi kebutuhan kendaraan urban, tetapi sesekali bisa dimanfaatkan sebagai "mainan" untuk keluar dari rutinitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com