Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Datangkan Motor Khusus Anak Kecil

Kompas.com - 29/03/2015, 17:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Model CBU Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ternyata bukan hanya R1, R6, TMAX, VMAX, dan WR250. Pada salah salah satu bagian Sunday Race yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/3/2015), terkuak ada satu model yang hanya digunakan untuk special event, PW50.

Dirtbike 2-tak 50cc ini diimpor dari China dan digunakan sebagai alat edukasi safety riding untuk usia dini di kegiatan Yamaha Safety Riding Science (YSRS) yang diselenggarakan Yamaha Riding Academy (YRA). Andri Saputra, Koordinator YRA menjelaskan telah ada 100 unit PW50 yang telah disebar ke berbagai dealer area di seluruh Indonesia.

Dimensi PW50 dengan panjang 124cm, lebar 57cm, dan tinggi 71cm, didesain khusus untuk anak kecil. Pemakaiannya mudah sebab menggunakan transmisi otomatis, jadi hanya tinggal memuntir pedal gas maka seluruh bodi bisa melaju. Sistem pengabutan karburator, berpendingin udara, dan minim perawatan membuat PW50 cocok buat rider muda untuk mendapatkan pengalaman pertama berkendara.

Febri Ardani Yamaha PW50 digunakan sebagai alat praktek usia dini mengenal mengendarai sepeda motor di acara Yamaha Safety Riding Science (YSRS) di Sunday Race, Minggu (29/3/2015).

YSRS di Sunday Race  digelar untuk usia 6 – 8 tahun yang masih duduk di kelas 3 Sekolah Dasar. “Kami memberikan edukasi tentang bahaya kondisi jalan raya, bagaimana pentingnya berkendara dengan aman. Selain teori mereka juga diberikan kesempatan mencoba PW50 tapi tetap didampingi instruktur,” jelas Andri.

Bukan cuma PW50, lanjut Andri, YIMM juga telah mengimpor 100 unit TT-R50E. Dimensinya sedikit lebih besar dari PW50, sudah memiliki tombol starter mesin, bertransmisi otomatis 3-percepatan, serta dilengkapi suspensi inverted dan monocross.

Selama YSRS digelar Andri mengatakan banyak orang yang bertanya soal harga jual PW50 dan TT-R50E. Namun sayang keduanya tidak dijual untuk umum, kehadirannya hanya untuk edukasi untuk anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com