Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Serangan All-New Navara di Segmen Komersial

Kompas.com - 28/03/2015, 11:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Dompu, KompasOtomotif – Nissan Motor Indonesia (NMI) akan menggenjot penjualan All-New NP300 Navara lebih serius untuk segmen komersial.

Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI menjelaskan, All-New Navara bermain di dua segmen yaitu mobil penumpang (private) dan mobil komersial (fleet).

Karakteristik private butuh kendaraan sebagai pendukung hobi, misalnya pesepeda motor trail, pemilik moge, penggemar kegiatan luar ruang, atau fotografer alam. Konsumen seperti ini dikatakan sudah punya mobil jenis lain, misalnya SUV atau MPV, tetapi masih butuh kendaraan lain yang lebih khusus.

Fleet

Selama ini Navara memang diset untuk konsumen private tapi kini dengan segala pengembangan di generasi terbaru, fokus penjualan pikap kabin ganda ini terbagi pula untuk konsumen fleet. Budi menerangkan konsumen fleet secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu perusahaan yang butuh spesifikasi tinggi dan rendah.

Spesifikasi tinggi, urai Budi, buat perusahaan multinasional misalnya di bidang perminyakan. Tipe ini butuh kendaraan dengan fitur berlimpah seperti kantong udara, kontrol traksi, hill descent control, dan hill start assist, yang sudah tersedia di Navara terbaru. Spesifikasi rendah tertuju pada perusahaan yang butuh kendaraan “kerja”, sesuai dengan desain fungsionalitas baru pada Navara. Perusahaan ini digambarkan bergerak di bidang perkebunan atau pertambangan.

“Nissan menargetkan kepada konsumen perusahaan minyak dan tambang, itu hal pertama yang ingin kita garap. Karena kita juga ingin memasuki pasar komersial dengan kendaraan yang memang punya standar yang tinggi,” kata Budi di sela Ekspedisi Alam Liar bersama All-New Navara, di Tambora, Nusa Tenggara Barat, (17/3/2015).

Menurut Budi, total volume segmen fleet sebesar 12.000 unit per tahun, segmen ini belum digarap oleh NMI. Bila ditambah volume private maka total nasional kebutuhan pikap kabin ganda mencapai 13.000 unit per tahun. NMI menargetkan penjualan 2.500 unit per tahun untuk All-New Navara dengan perolehan marketshare 17 persen.

“Ini sebenarnya cukup agresif, tapi kita percaya kalau aftersales dirapihkan dan program-program bisa berjalan. Sebagai pemain baru kita bisa sukses,” yakin Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com