Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Lepas Rp 13,03 M untuk Siswa Sekolah

Kompas.com - 22/03/2015, 17:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Ohio, KompasOtomotif - Honda Motor Company berusaha mendorong generasi muda di Ohio, Amerika Serikat agar lebih tertarik menekuni karir bidang manufaktur. Upaya ini dilakukan karena kekhawatiran kekurangan tersedianya angkatan kerja terampil yang bisa menyokong kegiatan produksi manufaktur, terutama perakitan mobil.

Dana 1 juta dollar AS (Rp 13,03 miliar) rela dikeluarkan Honda untuk memicu minat ini di siswa sekolah, menengah dan tingkat atas. Dana disalurkan melalui berbagai program beasiswa, kemitraan dengan sekolah kejuruan tekni, perkemahan bidang teknologi pada musim panas, sampai pengembangan video game terbaru, untuk menunjukan keahlian tinggi dibutuhkan untuk kebutuhan kerja di bidang manufaktur sekarang ini.

Rick Schostek, Wakil Presiden Eksekutif Honda Amerika Utara mengatakan, perusahaan khawatir akan kesulitan mencari jumlah pekerja yang cukup dengan pengetahuan, teknologi, dan keahlian matematika untuk menjadi pekerja di empat pabrik Honda di Ohio, AS.

"Kami melihat ada tantangan potensi di ujung jalan. Kami mulai melihat berkurangnya minat dalam hal karir manufaktur," beber Rick, dilansir Autonews (20/3/2015).

Menurut penelitian oleh Deloitte dan Institut Manufakturing, dibutuhkan jumlah pekerja hingga 3,4 juta orang di AS dalam 10 tahun ke depan. Tapi, karena beragamnya jenis karir dan menurunnya usia produktif, 2 juta lowongan pekerjaan dari jumlah di atas tidak akan terpenuhi, karena angkatan kerja yang tidak cakap dalam keahliannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com