Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha MotoGP Pastikan Pakai Girboks ”Full Seamless”

Kompas.com - 11/03/2015, 18:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompsaOtomotif – Setelah melakukan uji coba intensif sepanjang jeda musim balap, Yamaha MotoGP akhirnya resmi mengumumkan penggunaan girboks full seamless untuk musim 2015. Vice President Yamaha Motor Co Ltd Takaaki Kimura menyampaikannya dalam konferensi pers di Jepang, (10/3/2015).

Saat mengembangkan YZR-M1 2015, Yamaha berfokus memperbaiki sisi teknis, salah satu yang paling getol diubah adalah penggunaan ”transmisi tanpa jeda”. Bukan cuma beroperasi saat menambah gigi, tetapi juga untuk downshift demi memperbaiki sisi pengereman.

”Sepanjang tes kedua di Sepang, kami sudah bisa mengetahui performa seamless gearbox. Meski demikian, kami harus tetap mengembangkan sasis dan peranti elektronik untuk mengoptimalkan potensi dari peranti itu,” kata Kimura.

Ditambahkan, penyempurnaan akan terus dilakukan saat tes resmi ketiga di Qatar dalam waktu dekat. Incaran paling logis adalah mencuri kemenangan pada seri perdana musim 2015, juga di Qatar, tepatnya di Sirkuit Losail.

Sebagai gambaran, masalah yang dialami Yamaha sepanjang dua musim lalu adalah sulit bersaing di zona pengereman dengan duo Repsol Honda. Adanya girboks seamless yang memungkinkan perpindahan gigi yang mulus menjelang tikungan, diharapkan mampu meningkatkan performa Yamaha melibas dan keluar dari belokan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com