Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Detail dengan SUV Termurah Lexus Indonesia

Kompas.com - 03/03/2015, 11:48 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – SUV kompak Lexus NX diciptakan dari model konsep LF-NX yang pernah diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2013. Debut versi produksi dilakukan di Beijing Motor Show pada 2014 di, lalu pada 2 Maret 2015 akhirnya remi meluncur di Indonesia.

Saat peluncuran di Lexus Gallery, Kepala Insinyur Lexus NX Takeaki Kato mengatakan, proyek mulai dikerjakan pada 2009, satu tahun digunakan khusus untuk studi dan sekitar empat tahun dipakai mengekplorasi lebih detail.

“Untuk mengembangkan cukup lama karena memang butuh waktu, kita mengembangkan mesin dan platform yang benar–benar baru buat Lexus,” katanya di hadapan para wartawan.

Febri Ardani Detail eksterior Lexus NX 200t.

Lexus ambisius menciptakan NX, pasalnya kelas SUV di bawah RX dan LX belum ada. Desain baru digarap dengan tujuan dasar menggoda konsumen yang belum tertarik meminang produk Lexus.

Febri Ardani Lexus NX 200t menggunakan mesin baru 2.0L plus twin turbo.

Lexus NX punya dua pilihan mesin, standar 2.0L turbo untuk varian 200t dan 2.5L khusus tipe hibrida. Lexus Indonesia memulai pemasaran NX dengan dua model menengah, NX 200t Luxury yang dijual Rp 935 juta dan NX 200t F-Sport Rp 970 juta.

Kedua varian hanya dibedakan desain eksterior dan kelengkapan fitur, Luxury mengutamakan kemewahan sementara F-Sport lebih agresif. Mesin keduanya sama, memakai 8AR-FTS, 1.998cc, bertenaga 238 tk dan torsi 350 Nm. Distribusi tenaga dilakukan ke kedua roda depan via transmisi otomatis 6-percepatan, semakin mudah sebab bisa dioperasikan lewat paddle shift.

Eksterior

Secara keseluruhan NX dikerjakan oleh 2.000 insinyur. Siluet bodi NX menyerupai berlian, mengerucut di depan, melebar di tengah, dan kembali melancip di belakang. Lekuk bodi di kap mesin menyatu dengan bentuk gril.

NX menggunakan mesin baru Lexus, tapi hal anyar bukan Cuma itu. Di NX, untuk pertama kalinya model Lexus menggunakan lampu depan LED unik. Tiga pasang LED membentuk huruf L sebagai simbolisasi Lexus dan DRL memakai kombinasi 78 lampu LED.

Febri Ardani Suasana kabin Lexus NX 200t.

Interior

Ruang kabin NX dikerjakan sangat detail untuk kenyamanan. Misalnya, cup holder dilengkapi lapisan anti selip, jadi membuka botol bisa dilakukan dengan satu tangan. General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan, jahitan pada lapisan dasbor dikerjakan oleh pegawai yang sebelumnya dites menjahit menggunakan tangan paling lemah, misalnya, bila kidal berarti harus memakai tangan kanan.

Di tengah dasbor terdapat monitor 7-inci yang menyajikan berbagai informasi khas Lexus. Mengendalikannya bisa dilakukan lewat remote touch interface baru, cara kerjanya seperti touchpad pada laptop. Suara sistem hiburan didukung 10 speaker, kualitasnya premium bahkan sangat mumpuni untuk mendengar konsep teater. Hal lain, ada wireless charging untuk mengisi baterai ponsel tanpa kabel.

Febri Ardani Desain belakang Lexus NX 200t.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com