Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian GM Indonesia Capai Rp 2,59 T

Kompas.com - 02/03/2015, 14:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pihak manajemen GM Indonesia akhirnya menemui Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin di kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (2/3/2015). Kunjungan ini dilakukan berkitan dengan keputusan penutupan pabrik di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, mulai akhir Juni mendatang.

Perwakilan yang datang adalah, Pranav Bhatt, Direktur Keuangan General Motors Indonesia Manufacturing. Setelah pertemuan, Saleh mengatakan, ada beberapa hal penting yang disampaikan pihak manajemen. Bahkan, GM Indonesia mengaku telah merugi hingga ratusan juta dollar selama periode 2013-2014.

"Mereka katakan total kerugiannya mencapai 200 juta dollar AS (Rp 2,59 triliun). Dari pertama beroperasi sampai sekarang, rata-rata setiap bulannya habis 4 juta dollar AS (Rp 51,9 miliar). Meski demikian, mereka tetap komitment untuk bertanggung jawab pada karyawannya," beber Saleh di Jakarta, hari ini,

Merujuk keterangan GM, Saleh melanjutkan, dari sebagian besar karyawan yang bekerja di pabrik akan dialihkan ke divisi penjualan, distribusi, atau National Sales Company (NSC). "GM memastikan, para karyawan mendapatkan kompensasi di atas peraturan pemerintah seperti ada tambahan 9-10 bulan gaji di atas peraturan pemerintah tergantung dari masa kerja," tukas Saleh.

Setiap karyawan memiliki empat bulan untuk memutuskan mengambil paket PHK atau pindah ke divisi lain. Menperin mengaku mengapresiasi kecepatan dan keterbukaan manajemen GM soal merespons masalah yang lagi hangat di masyarakat.

"Intinya, mereka tetap bertanggung jawab, yang tutup hanya pabriknya. GM tetap ada di Indonesia," tukas Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com