Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Air Intai Komponen Penting Sepeda Motor

Kompas.com - 17/02/2015, 18:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Curah hujan tinggi mewajibkan pemilik sepeda motor rutin memeriksa kondisi tunggangannya. Tak cukup dengan mencuci setelah terguyur air hujan yang mengandung asam, beberapa komponen juga wajib diperiksa terkait dengan sifat air yang mudah masuk melalui celah kecil sekali pun.

Mekanik Astra Motor Dewi Sartika, Jakarta Timur, Zainal Arifin, mengatakan bahwa air menjadi berbahaya jika pemilik kurang rajin merawat sepeda motor. ”Lubang sekecil apa pun, bisa masuk air. Lama-lama juga akan banyak dan mengganggu fungsi komponen,” kata Zainal.

Berikut komponen yang wajib diperiksa dalam beberapa waktu setelah sering kena hujan:

1. Khusus untuk model sport, setiap 15.000-20.000 km wajib kuras tangki bahan bakar. Air dikhawatirkan masuk ke tangki yang menyebabkan korosi. ”Apalagi untuk orang yang jarang isi bensin full, dipastikan lebih cepat potensi tangki berkarat,” ujar Zainal.

2. Semua model, tanpa kecuali, ganti busi setiap 8.000 km. Menurut Zainal, busi akan terlihat baik-baik saja secara visual. Pengaruh air yang masuk dan membuat karat di sekitar kepala busi sangat besar.

3. Konektor dan saklar. Air yang terus-terusan membasahi komponen ini membuatnya rawan macet. Misalnya, saklar lampu, sein, dan sebagainya. Cukup dilepas, dan disemprot cairan anti karat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com