Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Bayar Bensin Kini Bisa via Ponsel

Kompas.com - 12/02/2015, 11:14 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Pengemudi mobil dalam waktu dekat akan lebih dipermudah untuk transaksi bensin di stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU). Hal tersebut bakal terwujud berkat kerja sama antara Shell dan PayPal. Layanan baru ini akan tersedia di SPBU Shell yang menjadi peserta mulai akhir 2015.

Jadi, pengemudi bisa mengunduh aplikasi Shell Motorist atau PayPal di ponsel pintar berbasis iOS, Android, atau Windows. Mekanismenya cukup sederhana.

Ketika pengemudi tiba di salah satu SPBU yang memiliki fasilitas ini, cukup membuka aplikasi dan memotret kode digital (barcode) yang tertera di SPBU, pilih jumlah bensin yang mau dibeli, kemudian tunggu pengesahan. Pengemudi kemudian bisa mengisi tangki sesuai keinginan dan struk pembelian secara otomatis dikirim ke ponsel ketika pengisian selesai. Pembayaran dilakukan dengan debit atau kartu kredit.

Shell menargetkan 1.000 SPBU di seluruh Inggris akan menawarkan teknologi baru ini, mulai tahun ini. Uji coba sistem pembayaran ini sudah dilakukan sejak 2013 dan layanan perdana akan bergulir mulai April mendatang.

Shell/Autocar Memotret kode digital (bar code) SPBU untuk mendapat pengesahan.

"Kami terus mendengarkan apa keinginan konsumen dan mengetahui kalau mereka akan dimudahkan dengan inovasi ini. Mereka sekarang lebih fleksibel dan nyaman untuk membayar tanpa harus meninggalkan mobilnya," beber Michael Hominick, Manajer Pemasaran Ritel Shell Inggris, dilansir Autocar (11/2/2015).

Sementara, Rob Harper, Direktur Pemasaran Mobile PayPal Inggris menambahkan, "Kemitraan kami dengan Shell membuat Anda bisa pergi ke luar rumah tanpa dompet dan membayar tagihan via ponsel dari rumah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com