Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Racik RC213V Lebih Kencang

Kompas.com - 02/02/2015, 07:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Nusa Dua, KompasOtomotif – Honda Racing Corporation (HRC) buka-bukan soal pengembangan sepeda motor tim MotoGP Repsol Honda RC213V, menghadapi musim 2015 yang akan dimulai di seri Qatar pada pada 29 Maret. HRC bahkan terkesan tidak malu-malu langsung membandingkannya dengan kompetitor terkuat, Yamaha.

“Kami berusaha membuat RC213V mudah dikendarai seperti Yamaha, tapi sayangnya rider kami tidak seperti Yamaha. Kami punya poin lain, kami punya pebalap sangat bagus,” ujar Wakil Presiden HRC Shuhei Nakamoto, yang menyanjung dua pebalap utama Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa, di Bali, Minggu (1/2/2015).

Sebagai salah satu aset terpenting, RC213V wajib terus kompetitif dan menjadi modal mempertahankan tiga titel juara (Rider, Constructor, dan Team) 2014 di musim ini. Nakamoto menjelaskan dalam beberapa hal Honda lebih kuat dari Yamaha, hal yang sama juga berlaku sebaliknya.

“Di akhir musim lalu di Valencia, kami sudah mengetes prototipe dengan perbedaan desain. Tapi kedua pebalap tidak senang, mereka komplain. Setelah tes itu kami membuat spesifikasi lain, kami berharap menemukan solusi agar pebalap kami senang,” lanjut Nakamoto.

HRC dan Repsol Honda telah mengunjungi Bali untuk memperkenalkan RC213V edisi 2015. Setelah itu tim berangkat menuju Malaysia untuk melakukan sesi tes resmi di Sepang. Dua pebalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa akan merasakan pengembangan terbaru di sana.

Nakamoto menambahkan konsep RC213V edisi terbaru tidak jauh beda seperti musim lalu, namun dikatakan ada sedikit perbaikan pada sektor kecepatan maksimum. “Untuk mendapat keuntungan saat balap Anda perlu kestabilan pengereman. Yamaha semakin lama semakin baik dalam hal itu, tapi di saat yang bersamaan mereka berkurang dalam hal kecepatan saat belokan. Ini adalah kompensasi wajar,” papar Nakamoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com