Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimisme Industri Otomotif Melalui IIMS 2015

Kompas.com - 31/01/2015, 11:30 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Indonesia International Motor Show (IIMS) di 2014 lalu sukses mendatangkan 380.000 pengunjung dan diliput oleh sekitar 1.000 jurnalis dari 250 media nasional maupun internasional.

IIMS 2014 menggunakan lahan seluas 83.137 meter persegi, naik dari tahun sebelumnya yang menempati lahan seluas 75.101 m2. Peningkatan luas lahan dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan lahan pameran APM dan industri pendukung serta beragam acara pendukung lainnya.

“Untuk IIMS 2015, kami harus menghitung lebih cermat soal kapasitas lahan karena adanya tambahan acara pendukung. Salah satunya adalah rencana memboyong atraksi Monster Jam di ajang Otobursa versi premium,” jelas Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo, dalam siaran persnya yang diterima KompasOtomotif, Sabtu (31/1/2015).

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Sales promotion girl stan Honda berpose di sela-sela pameran 22nd Indonesia International Motor Show 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (22/9/2014).
Penjualan mobil di tahun 2015 juga diprediksi tidak akan mengalami peningkatan yang cukup besar dibanding tahun sebelumnya, bahkan relatif stagnan. Di tengah kondisi seperti ini, industri otomotif memiliki tantangan untuk menjaga optimisme pelaku industri untuk terus menghadirkan produk dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Optimisme ini perlu dijaga apabila Indonesia ingin mewujudkan target menjadi industri otomotif terbesar di Asia Tenggara, atau bahkan Asia sekalipun. Optimisme ini didukung oleh Bank Indonesia yang memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2015 bisa mencapai 5,8 persen. Pertumbuhan ekonomi secara nasional tentunya akan mempengaruhi berbagai industri di tanah air, termasuk industri otomotif.

Untuk itu, diperlukan sebuah sarana yang bisa memberikan gambaran mengenai teknologi, inovasi dan pencapaian industri otomotif Indonesia baik kepada publik domestik maupun publik luar negeri. Salah satu medium yang menjadi tempat bagi para pelaku industri dan publik mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai industri otomotif di tanah air adalah pameran berskala internasional, Indonesia International Motor Show (IIMS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com