Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Hapuskan Budaya Senioritas

Kompas.com - 27/01/2015, 12:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation punya strategi baru untuk menentukan menyejahterakan pekerjanya di pabrik. Produsen mobil terbesar di dunia itu kini mau mengapuskan senioritas dan lebih mengutamakan kemampuan bekerja.

Untuk melaksanakan ini, Toyota mulai membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi para generasi muda, siap menampung 40.000 orang atau sekitar 60 persen pekerjanya, dengan usia rentang 18-65 tahun, seperti dilansir Nikkei, Senin (26/1/2015). Faktor usia lebih tua dan pengalaman lebih dikesampingkan dan mengedepankan fungsi, efektivitas bekerja, dan produktivitas.

Toyota juga sudah menyiapkan proposal ini pada serikat pekerjanya dan diharapkan bisa mulai bergulir Januari mendatang. Para pekerja akan divealuasi dua kali setahun, dengan gaji dan tunjangan disesuaikan setiap enam bulan, berdasarkan hasil penilaian.

Selain menghapus budaya senioritas, sistem ini juga merombak sistem pinjaman yang disiapkan untuk karyawan Toyota. Jadi, prioritas pemberian pinjaman untuk karyawan oleh perusahaan juga diperbesar porsinya untuk karyawan yang sudah berkeluarga dan punya anak-anak ketimbang mereka yang masih hidup sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com