Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Tersisih Perang Diskon

Kompas.com - 22/12/2014, 13:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada November 2014 lalu, hampir semua model Nissan di Indonesia tidak menunjukkan performa seperti bulan sebelumnya. Hanya All-New X-Trail yang baru saja diluncurkan pada IIMS, September lalu yang "bersinar terang". Sepanjang Januari – November 2014 Grand Livina sebagai tulang punggung penjualan pun tak berkutik menghadapi persaingan di segmen paling “gendut”, MPV.

Pada Januari – November 2013, total wholesales Nissan menurut data Gaikindo sebesar 60.621 unit. Raihan tersebut setengahnya disumbangkan oleh Grand Livina yaitu sebesar 35.422 unit. Pada periode yang sama tahun ini, Nissan kehilangan hampir 50 persen dengan pencapaian hanya 31.547 unit, sementara Grand Livina cuma sanggup 15.421 unit.

“Ini murni kompetisi pasar, terutama pada Grand Livina. Kita gak ada diskon sebesar kompetitor, kita gak kuat ikut diskon,” papar Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, akhir pekan lalu.

Teddy menambahkan, meski stabilitas politik cenderung membaik pasca pemilihan Presiden RI dan Gubernur DKI Jakarta, kondisi masih didera berbagai situasi seperti kenaikan Bahan Bakar Minyak dan ekonomi sulit. Saat ini berbagai merek berjuang untuk bertahan dengan segala cara mempertahankan performa penjualan.

“Bisnis otomotif kan tidak hanya sekarang tapi kita harus melihat ke depan. Kalau menurut saya ini agenda biasa, kuartal kedua ekonomi membaik rupiah menguat,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com