Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Jitu Avanza di Pengujung Tahun

Kompas.com - 22/12/2014, 12:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati terus didekati kompetitor, Toyota Avanza masih tetap membuktikan diri sebagai “raja” MPV bawah di Indonesia. Penjualan Avanza masih menjadi yang tertinggi di segmen MPV bawah.

Pada Januari – November 2014, penjualan satu-satunya MPV bawah berpenggerak roda belakang itu mencapai 149.662 unit. Angka tersebut masih sulit dikejar Honda Mobilio yang bercokol di posisi kedua dengan 78.154 unit.

Berbagai strategi “penyelamatan” telah dilakukan Toyota Indonesia agar Avanza tidak terlampau kendur sepanjang tahun. Beberapa yang terasa yaitu menggenjot promosi, mengerjakan aktivitas dengan melibatkan konsumen, dan melanggengkan dealer bermain diskon.

Biyouzmal, Branch Manager Auto2000 Pramuka, mengungkapkan, rabat Avanza Rp 20 – 25 juta yang ditawarkan sanggup menggoda banyak konsumen. Hasilnya, di pengujung tahun stok Avanza produksi 2014 sudah sangat minim. Inilah, kata Biyouzmal, pembuktian bahwa Avanza masih digemari masyarakat.

“Karena memang dealer ‘dipaksa’ menghabiskan, kenapa merek lain tidak sesulit kita karena dealer mereka tidak sebanyak Toyota,” timpal Biyouzmal.

Dipaparkan juga keyakinan dealer menghadapi tahun depan. Ceritanya akan berbeda, Avanza bertarung dengan Mobilio yang sudah lebih stabil. “Kita masih optimis Avanza bisa bersaing. Rasa penasaran orang sudah terpenuhi (pada Mobilio), sekarang tinggal pembuktian keunggulan,” ujar Biyouzmal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com