Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota dan BMW Makin Serius Rancang Sedan Sport

Kompas.com - 07/11/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Bayerische Motoren Werke AG (BMW) dan Toyota Motor Corporation (TMC) semakin intim dalam mengembangkan mobil sport. Kerja sama kedua perusahaan ini sudah merujuk pada model baru.

"Semua telah bergerak menuju tahap konsep dan sudah berjalan sesuai yang direncanakan," jelas BMW dalam pernyataan resminya, dilansir Bloomberg News, Kamis (6/11/2014).

Studi teknis yang bergulir sejak Januari 2013, menunjukkan hasil komplet dan sukses. Sedan menengah merupakan proyek paling masuk akal dan mendekati kenyataan. Kedua pabrikan sepakat mengatakan kerja sama ini akan bertahan setidaknya hingga 2020.

Tapi, baik Toyota maupun BMW masih sangat pelit bicara soal detail, seperti kapan pengenalan model kolaborasi ini akan dilakukan. Terpisah, Toyota mengatakan proyek kerja sama ini sudah melalui tahap studi kelayakan, yang semula ditargetkan selesai di akhir 2013.

Toyota, produsen mobil terbesar di dunia saat ini, butuh kehadiran model sport, "untuk mengembalikan energi itu kepada merek," jelas Karl Schlicht, Wakil Presiden Eksekutif Toyota Eropa di Paris Motor Show, belum lama ini.

Pada Januari lalu, Toyota sudah memajang model sport FT-1 di Detroit Auto Show yang juga sempat dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2014 lalu. Toyota mengatakan, mobil sport berpenggerak roda belakang ini mewarisi desain model-model legendaris sebelumnya, seperti Supra, 2000GT, dan Celica.

Baterai
Selain kolaborasi menciptakan sedan menengah sport baru, Toyota dan BMW juga menandatangai kesepakatan lain, salah satunya riset soal teknologi fuel cell, pengurangan bobot, dan baterai lithium-air.

Seperti diketahui, pabrikan otomotif global mencari mitra kerja sama untuk mengurangi biaya pengembangan teknologi baru dan model-model yang jumlah penjualannya kecil. Selain Toyota dan BMW, beberapa kerja sama lain seperti Daimler AG dan Renault terus terjalin hingga menciptakan produk kolaborasi Smart dan Renault Twingo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com