Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swift Gagal Uji Tabrak, Ini Tanggapan Suzuki India

Kompas.com - 06/11/2014, 12:20 WIB
New Delhi, KompasOtomotif – Suzuki Swift produksi India baru saja mendapatkan hasil gagal dalam uji tabrak yang dilakukan Global New Car Assessment Program (Global NCAP). Berdasarkan hasil uji, Swift tidak meraih bintang atau nol.

Hasil pengujian Global NCAP yang dilakukan di Jerman ini mengindikasikan seberapa aman mobil saat mengalami kecelakaan. Sebenarnya Swift versi India ini sudah mendapatkan 0 bintang sebelum pengetesan, sebab tidak punya kantong udara dan ABS sebagai kelengkapan standar.

Pada video terlihat Swift tidak bisa melindungi pengendara dan penumpang setelah menabrak pada kecepatan 64 kpj. Global NCAP mengatakan cangkang bodi tidak stabil dan penumpang depan mengalami cedera fatal pada bagian kepala, dada, dan kaki.

Sesuai standar India
Wakil Presiden Maruti Suzuki Manohar Bhat mengatakan bahwa semua mobil Maruti telah memenuhi standar keamanan tertinggi yang ditetapkan oleh Pemerintah India. Tapi jika diuji oleh asing dengan standar yang lebih tinggi, model Suzuki seperti Swift kemungkinan memang tidak akan lulus.

Bhat melanjutkan, Global NCAP tidak memperhitungkan bahwa kondisi jalan India tidak sama dengan jalan di tempat lain. "Kecepatan yang dapat dicapai dengan kendaraan di India sangat berbeda, sehingga menerapkan standar pengujian asing adalah hal yang tidak praktis," jelas Bhat seperti dilansir Motorbeam, Kamis (6/11/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber motorbeam
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com