Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jazz Kena "Recall", Honda Hukum CEO

Kompas.com - 24/10/2014, 08:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif — Honda memberi tindakan tegas kepada jajaran pimpinan perusahaannya atas kasus kampanye perbaikan massal (recall) terhadap Jazz (Fit). Honda menghukum eksekutif tertinggi perusahaan akibat masalah tersebut.

Seperti dikabarkan Reuters, Jumat (24/10/2014), hukuman yang diberikan buat sejumlah pejabat penting diberikan karena dianggap bertanggung jawab atas jaminan kualitas. Ini adalah reaksi atas recall kelima pada model all-new Jazz.

Dewan Honda memerintahkan pemotongan gaji sebesar 20 persen kepada CEO Takanobu Ito. Selusin dari pejabat lainnya juga terkena hukuman pemotongan gaji sebesar 10 persen, atau masih lebih kecil dibandingkan potongan Ito.

Kantong udara Takata

Saat ini Honda tengah melakukan penyelidikan apakah airbag (kantong udara) Takata yang sedang bermasalah, juga berpengaruh pada modelnya. Takata sedang mendata tuduhan tentang cacat produk karena meledaknya inflators airbag.

Akibat masalah ini, Takata sedang menghadapi beberapa tuntutan hukum karena ada kasus kecelakaan yang menyebabkan cacat permanen pada wajah. Komponen tersebut juga ada dalam deretan produk Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com