Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Limo Milik Vladimir Putin Pakai Mesin Baru Porsche

Kompas.com - 23/10/2014, 11:20 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Moskwa, KompasOtomotif - Pemerintah Rusia sedang merancang mobil dinas baru buat Presiden Vladimir Putin. Mobil dengan model limosin ini akan mengusung mesin baru yang dirancang khusus oleh Porsche.

Produsen asal Jerman tersebut menyediakan mesin baru V12 dengan turbocharger. Informasi pengembangan dilakukan Russia Project Cortege bersama Porsche Engineering. Nantinya, mesin akan memiliki kapasitas antara 6,0 liter sampai 6,6 liter dengan daya mencapai 800 tk.

Tapi, kerja sama dengan Porsche ternyata tidak sebatas pada pengembangan limo saja. Mobil lainnya seperti minivan dan SUV untuk pejabat negara dan pimpinan otoritas keamanan, juga akan memakai mesin Porsche.

Prioritas
Model pertama dari hasil kolaborasi ini akan masuk produksi pada 2017 mendatang. Porsche Engineering menjadikan proyek ini sebagai prioritas agar selesai dengan cepat. Prosesnya sudah berlangsung sejak Mei silam, saat Menteri Indutsri dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov, menunjuk Porsche Engineering sebagai mitra.

Semua model yang dirancang akan diproduksi di pabrik Ulyanovsk Automobile. Pemerintah Rusia ingin menghadirkan mobil kepresidenan yang lebih atraktif melebihi kemampuan Chrysler 300 dan Lincoln Town Car.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com